Pelatihan Kerja & Sertifikasi Online Berkualitas TopEdu | apindotangsel.topkarir.com/
topkarir-logo

Loginatau Daftar

Perusahaan

Cara Kekinian Belajar Bahasa Asing ala Fiki Naki

24 Maret 2021 20:03 8251 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Media sosial kini tengah dihebohkan dengan kemunculan Youtuber muda yang aktif berbicara berbagai bahasa melalui kanal Ome TV.

 

Fiki Naki mengejutkan banyak pengguna situs video chat itu dengan berinteraksi menggunakan bahasa asing diantaranya, Rusia, Inggris, Perancis sampai Rumania. Hebatnya, laki-laki kelahiran 24 Juli 2000 ini mengaku nggak pernah mengenyam pendidikan di luar negeri.

 

Dikutip dari pernyataanya di kanal Youtube salah satu acara tv, Fiki mengaku mempelajari bahasa dari berbagai negara secara otodidak hanya dengan memanfaatkan media online.

 

Sangat menginspirasi bukan? Semua orang bisa seperti Fiki Naki, bahkan mungkin kamu bisa lebih keren dibanding Fiki. Sebab, kemampuan ini bisa dimiliki oleh siapapun jika kita mau dan berusaha mempelajarinya. 

 

Kami rangkung beberapa tips belajar bahasa ala Fiki Naki berikut ini, disimak ya.

 

1. Bangun niat dan konsistensi

Jago berbahasa asing bukanlah hal didapat dengan instan, semua membutuhkan proses selayaknya pencapaian-pencapaian lain. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun niat yang kuat dibarengi dengan konsistensi.

 

Kedua hal ini yang juga diterapkan oleh Fiki Naki dalam prosesnya. Dalam siaran podcast Deddy Corbuzier, Fiki menceritakan bahwa dirinya memegang prinsip niat dan konsisten ketika belajar bahasa asing secara otodidak.

 

Fiki mengakui belajar bahasa asing bukanlah hal yang mudah, tapi ia percaya, nggak ada yang gak mungkin jika kita punya niat yang besar untuk mempelajarinya. Sejatinya bahasa adalah salah satu subjek yang membutuhkan banyak pengulangan dan konsistensi.

 

2. Seringlah berlatih dan jangan takut salah

Di channel Youtube miliknya, Fiki kerap berbincang dengan orang-orang dari berbagai negara menggunakan bahasa negaranya, hal ini diakui Fiki sebagai cara untuk mengasah skillnya.

 

Terlibat dalam interaksi langsung dengan orang yang berbeda bahasa akan menumbuhkan rasa percaya diri, mengenal berbagai kosakata baru, dan aksen yang tepat.

 

Jangan pernah takut salah mengucapkan kata/grammar, sebab ketakutan itu justru akan mengubur usaha kita untuk terus berkembang.

 

3. Temukan cara ternyaman untuk belajar

Di sela-sela kesibukannya sebagai Mahasiswa, biasanya Fiki menghabiskan waktu sekitar 6 jam untuk belajar bahasa. Ia sudah menjadikan bahasa sebagai hobi dan kesukaannya, sehingga hal itulah yang mendorong Fiki untuk betah belajar.

 

Fiki juga mengaku kalau menonton film jadi salah satu metode efektif untuk belajar. Ketika bosan membaca Fiki memilih metode listening atau menonton.

 

Kamu juga harus bisa menemukan metode yang efektif untuk membuatmu nyaman ketika belajar. Cari waktu dan durasi yang sesuai dengan jadwal harianmu.

 

4. Memanfaatkan media online seefektif mungkin

Berbagai platform online seperti Youtube banyak menyediakan konten bahasa yang bisa kamu pelajari. Menonton Vlog asal vlogger di berbagai negara juga jadi salah satu caranya.

 

Setelah mempelajarinya kamu juga bisa menggunakan media online untuk mempraktekkannya secara langsung seperti yang dilakukan Fiki di Ome TV.

 

Akses belajar sekarang bukan lagi alasan yang menghalangi kamu untuk berkembang, semua bisa didapat dengan mudah dan murah. Media online yang ada sekarang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk membuat diri kita lebih bernilai.

 

Media belajar kekinian yang bisa kamu coba untuk belajar bahasa juga tersedia di TopEdu. Fitur dari TopKarir ini menyediakan berbagai pelatihan online termasuk bahasa dengan metode yang menyenangkan. Mulai dan cari pelatihan yang kamu mau di sini.



Dari Fiki Naki kamu bisa belajar nih, kalau punya niat dan keinginan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa asing dari diri sendiri, kamu bisa belajar dari mana saja. Termasuk dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada.

 

Itu tadi beberapa tips lancar berbahasa asing ala Fiki Naki yang dirangkum oleh TopKarir. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar